Selasa, 25 Mei 2010

Tiga Penggembala Muslim Dibantai di Nigeria


Tiga gembala nomaden dari komunitas muslim Fulani Nigeria telah tewas di sebuah desa Kristen di dekat kota Jos.
Ketiga penggembal muslim itu tewas Sabtu malam di daerah pedesaan di dekat desa Kristen Tusung di wilayah Ladi Barki, sekitar 40 kilometer (25 mil) selatan Jos, ketika mereka mencari sapi mereka yang dilaporkan hilang.
"Kuat dugaan mereka tewas dibunuh oleh para pemuda kristen yang berjumlah sekitar 500 orang yang tiba-tiba muncul dan mulai menyerang tiga muslim Fulani tersebut hingga mereka tewas," AFP mengutip pernyataan Kolonel Kayode Ogundele seorang pejabat senior militer.
Para korban kemudian "dibakar, dikubur di kuburan yang dangkal dan yang digali oleh para penyerang itu sendiri," kata kolonel yang bertanggungjawab atas operasi militer terhadap kekerasan komunal dan agama di negara bagian Plateau.
Bentrokan biasa terjadi antara penduduk kristen Beroms dan Muslim Hausa dan Fulani, terutama di Jos, ibukota negara bagian Plateau, dan sekitarnya.
Terganggu oleh ketegangan sektarian, daerah tersebut mengalami kenaikan kekerasan pada bulan Maret ketika sekitar ratusan kristen Berom dibantai di desa Dogo Nahawa.
Beberapa kejadian dianggap insiden aksi balas dendam setelah pembunuhan massal lebih dari 300 Muslim awal tahun ini di dekat kota yang sama.(fq/prtv)
r: both;'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar